top of page
Search
  • Brazilian Soccer Schools Indonesia

Gerakan Pivot Basket: Mengoptimalkan Peran Pemain Sentral dalam Olahraga Bola Basket


Pivot Basket

Bola basket merupakan olahraga yang populer di seluruh dunia. Dalam permainan bola basket, setiap posisi pemain memiliki peran yang penting, termasuk pemain sentral atau yang sering disebut dengan pivot. Gerakan pivot basket sangat vital dalam menciptakan peluang skor dan mempengaruhi alur permainan secara keseluruhan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang gerakan pivot basket dan bagaimana mengoptimalkan peran pemain sentral dalam permainan bola basket.


Pengenalan tentang Gerakan Pivot Basket

Gerakan pivot basket adalah teknik yang digunakan oleh pemain sentral untuk menjaga posisi mereka saat menerima umpan, menghadapi pertahanan, atau menciptakan peluang tembakan. Dalam gerakan pivot, pemain menggunakan satu kaki sebagai pivot foot (kaki tumpuan) sementara kaki lainnya digunakan untuk menggerakkan tubuh dan mencari ruang gerak yang lebih baik.


Dasar-Dasar Teknik Pivot

Gerakan Pivot Foot

Pivot foot merupakan kaki yang digunakan sebagai tumpuan saat melakukan gerakan pivot. Dalam bola basket, setiap pemain memiliki pivot foot yang berlawanan dengan tangan dominan mereka. Misalnya, jika seorang pemain adalah tangan kanan yang dominan, maka pivot foot-nya adalah kaki kiri.


Posisi Tubuh yang Ideal

Selain menggunakan gerakan pivot foot yang tepat, pemain juga perlu memperhatikan posisi tubuh yang ideal saat melakukan gerakan pivot. Posisi tubuh yang baik mencakup postur tegap, punggung lurus, dan pandangan yang terbuka untuk melihat peluang-peluang di sekitar lapangan.



Pivot Basket

Berbagai Macam Gerakan Pivot Basket

Pivot Drop Step

Pivot drop step adalah gerakan pivot yang digunakan saat pemain menerima umpan di sekitar area post atau di bawah ring. Dalam gerakan ini, pemain menggunakan pivot foot-nya untuk mengubah arah tubuh dan melangkah dengan kaki yang lain untuk menciptakan ruang tembak yang lebih baik.


Pivot Up and Under

Pivot up and under adalah gerakan pivot yang efektif digunakan saat pemain menghadapi pertahanan yang kuat di depannya. Dalam gerakan ini, pemain menggunakan gerakan pivot untuk menipu pertahanan dengan membuat gerakan seperti akan melangkah ke satu arah, namun sebenarnya berbalik dan mencoba tembakan dari arah yang berlawanan.


Pivot Hook Shot

Pivot hook shot adalah gerakan pivot yang digunakan saat pemain berada di sekitar area post dan ingin melakukan tembakan melengkung (hook shot). Dalam gerakan ini, pemain menggunakan pivot foot-nya dan memutar tubuh ke arah keranjang untuk melepaskan tembakan dengan tangan dominan mereka.


Strategi dalam Menggunakan Gerakan Pivot

Untuk mengoptimalkan penggunaan gerakan pivot, pemain perlu memiliki strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat digunakan:

Membaca Pertahanan

Pemain perlu mampu membaca gerakan pertahanan lawan untuk menentukan jenis gerakan pivot yang tepat. Dengan memahami gerakan pertahanan lawan, pemain dapat menciptakan peluang tembakan yang lebih baik atau mencari rekan setim yang terbuka.


Menciptakan Posisi Terbaik

Gerakan pivot juga dapat digunakan untuk menciptakan posisi terbaik saat menerima umpan. Pemain dapat menggunakan gerakan pivot untuk menghindari tekanan pertahanan dan mencari ruang gerak yang lebih baik untuk melakukan tembakan atau mengoper bola.


Pivot Basket

Latihan untuk Meningkatkan Gerakan Pivot Basket

Untuk menguasai gerakan pivot basket, pemain perlu melatih keahlian dan keterampilan mereka secara teratur. Berikut adalah beberapa latihan yang dapat dilakukan:

Latihan Kekuatan dan Kelenturan

Latihan kekuatan dan kelenturan dapat membantu meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas tubuh saat melakukan gerakan pivot. Latihan ini meliputi latihan kaki, peregangan otot, dan penguatan inti tubuh.


Latihan Konsistensi dan Ketepatan

Latihan konsistensi dan ketepatan melibatkan berlatih melakukan gerakan pivot secara berulang-ulang dengan tujuan meningkatkan akurasi dan kecepatan gerakan. Latihan ini dapat meliputi simulasi pertandingan, drill berulang, dan latihan dengan tembakan pada target yang ditentukan.


Peran Pemain Sentral dalam Tim

Pemain sentral atau pivot memiliki peran penting dalam tim bola basket. Berikut adalah beberapa peran utama yang dimainkan oleh pemain sentral:

Menjadi Pusat Penerima Umpan

Pemain sentral sering kali menjadi pusat penerima umpan dalam tim. Mereka harus siap menerima umpan dari rekan setim dan menggunakan gerakan pivot untuk menciptakanpeluang tembakan atau mengoper bola kepada rekan setim yang lebih terbuka.


Membantu dalam Rebound

Pemain sentral juga memiliki tanggung jawab dalam merebut rebound, baik itu rebound serangan maupun rebound pertahanan. Dengan menggunakan gerakan pivot, pemain sentral dapat menciptakan posisi yang lebih baik untuk merebut bola yang memantul dari papan rebound.


Keterampilan Tambahan yang Diperlukan Pemain Sentral

Selain menguasai gerakan pivot, pemain sentral juga perlu mengembangkan keterampilan tambahan untuk menjadi pemain yang lebih kompleks dan efektif. Berikut adalah beberapa keterampilan tambahan yang diperlukan:

Penyandang Bola yang Handal

Sebagai pemain sentral, kemampuan dalam menyandang bola dengan baik sangat diperlukan. Pemain sentral harus dapat mengatasi tekanan pertahanan lawan dan menjaga bola tetap aman selama permainan.


Mengembangkan Kemampuan Passing

Pemain sentral juga harus memiliki kemampuan passing yang baik. Mereka harus mampu melihat peluang dan mengoper bola dengan akurat kepada rekan setim yang berada dalam posisi yang lebih baik untuk mencetak skor.


Peran Pelatih dalam Mengembangkan Gerakan Pivot Basket

Peran pelatih sangat penting dalam mengembangkan gerakan pivot basket pada pemain. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pelatih:

Fokus pada Teknik Pivot yang Benar

Pelatih harus memastikan bahwa pemain menguasai teknik pivot yang benar. Ini melibatkan pengajaran tentang posisi tubuh yang tepat, gerakan pivot foot yang benar, dan penggunaan gerakan pivot dalam situasi permainan yang berbeda.


Menyusun Program Latihan yang Relevan

Pelatih juga harus menyusun program latihan yang relevan untuk meningkatkan keterampilan gerakan pivot pemain. Latihan tersebut harus mencakup latihan kekuatan, kelenturan, ketepatan, dan situasional yang menghadirkan tantangan sesuai dengan peran pemain sentral.


Taktik Tim yang Mendukung Gerakan Pivot

Selain individu, taktik tim juga dapat berkontribusi pada keberhasilan gerakan pivot. Berikut adalah beberapa taktik yang mendukung gerakan pivot:

Penempatan Pemain di Area Pivot

Pelatih dapat mengatur penempatan pemain di sekitar area pivot untuk menciptakan ruang gerak yang lebih baik bagi pemain sentral. Dengan memposisikan pemain lain secara strategis, pemain sentral dapat lebih mudah melakukan gerakan pivot dan menciptakan peluang skor.


Kolaborasi dengan Pemain Lain

Kolaborasi antara pemain sentral dengan pemain lain juga penting dalam mendukung gerakan pivot. Pemain sentral perlu berkomunikasi dengan rekan setimnya untuk mencari celah dalam pertahanan lawan dan menciptakan peluang skor.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami pentingnya gerakan pivot dalam permainan bola basket. Gerakan pivot memungkinkan pemain sentral untuk menciptakan peluang skor, mempengaruhi permainan secara keseluruhan, dan berperan penting dalam kesuksesan tim. Dengan latihan yang tepat dan pengembangan keterampilan yang baik, pemain dapat mengoptimalkan peran mereka sebagai pemain sentral yang efektif.


FAQ

Apakah gerakan pivot hanya digunakan oleh pemain sentral?

Gerakan pivot biasanya digunakan oleh pemain sentral, tetapi juga dapat digunakan oleh pemain di posisi lain, tergantung pada situasi permainan.

Apakah gerakan pivot sulit untuk dipelajari?

Gerakan pivot membutuhkan latihan dan pemahaman teknik yang baik. Dengan latihan yang konsisten, pemain dapat menguasai gerakan pivot dengan baik.

Apa yang harus dilakukan jika terdapat tekanan pertahanan yang kuat saat melakukan gerakan pivot?

Jika menghadapi tekanan pertahanan yang kuat, pemain dapat menggunakan gerakan pivot up and under untuk menipu pertahanan dan menciptakan peluang tembakan yang lebih baik.

Bagaimana pelatih dapat membantu dalam mengembangkan gerakan pivot?

Pelatih dapat memberikan pengajaran dan latihan yang relevan, serta memberikan umpan balik dan bimbingan kepada pemain dalam mengembangkan gerakan pivot mereka.

Apa manfaat utama dari menguasai gerakan pivot?

Menguasai gerakan pivot memungkinkan pemain untuk memiliki kontrol yang lebih baik dalam permainan, menciptakan peluang tembakan, dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam tim.


***

Brazilian Soccer School Basketball adalah sekolah pembinaan basket bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan. Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Brazilian Soccer School

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26 Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id

コメント


bottom of page