top of page
Search
  • Brazilian Soccer Schools Indonesia

Waktu Istirahat dalam Permainan Bola Basket Adalah Penting, Simak Penjelasannya


Waktu Istirahat dalam Permainan Bola Basket Adalah

Setiap beraktivitas, Anda pasti akan membutuhkan waktu istirahat termasuk saat Anda melakukan olahraga. Waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah salah satu waktu yang digunakan pemain basket saat sedang bertanding.

Manfaat istirahat ini tentu saja bermacam-macam. Beberapa dari Anda mungkin membutuhkan istirahat agar dapat kembali berkonsentrasi saat beraktivitas. Bisa juga Anda beristirahat agar suasana hati Anda tetap terjaga dengan baik.

A. Mengenal Permainan Bola Basket


Bola basket adalah salah satu olahraga yang dimainkan secara beregu dan masing-masing regunya terdiri dari lima orang pemain. Tugas dari masing-masing regu yaitu memasukkan bola ke dalam keranjang dan tim dengan poin terbanyak, maka dialah pemenang dari permainan ini.


Permainan yang menjadi salah satu permainan bola besar ini memiliki ketentuan poin yaitu dari angka 1 (satu) sampai 3 (tiga).


Durasi permainan bola basket terbagi ke dalam empat kuarter (babak). Dalam aturan resmi FIBA (Federasi Bola Basket Internasional), durasi permainan bola basket yaitu 4 x 10 menit. Jadi, permainan akan berlangsung selama empat babak dengan tiap-tiap babak durasinya 10 menit.


Sedangkan Liga Bola Profesional Amerika Serikat (NBA) memiliki aturan lain untuk durasi permainan bola basket yaitu 4 x 12 menit.


Memang, permainan bola basket menjadi salah satu olahraga paling banyak diminati oleh masyarakat termasuk masyarakat Indonesia. Tidak heran, banyak di luar sana yang menjadi permainan ini sebagai hobi atau mungkin salah satunya itu Anda.


Meski banyak yang menganggap permainan ini sebagai hobi, tapi bola basket bagi sebagian orang bisa lebih dari itu.


Beberapa orang melakukan permainan bola basket secara profesional, lebih dari hobi. Tidak heran jika permainan ini ditandingkan dalam berbagai kejuaraan olahraga nasional hingga internasional.




Waktu Istirahat dalam Permainan Bola Basket Adalah

B. Waktu Istirahat dalam Permainan Bola Basket Adalah Salah Satu Aturan Permainan


Setiap permainan olahraga pasti memiliki waktu istirahat di dalamnya. Waktu istirahat tersebut bisa digunakan untuk berbagai hal seperti meregangkan otot hingga untuk mengatur strategi baru agar permainan menjadi lebih baik.


Seperti yang telah Anda ketahui sebelumnya, permainan bola basket memiliki peraturan baik itu dari FIBA maupun NBA yaitu dibagi ke dalam empat kuarter. Istirahat dalam permainan bola basket sendiri yaitu di antara pergantian dari satu kuarter ke kuarter lainnya.


Dalam permainan bola basket, waktu istirahat terjadi di antara kuarter dua dan tiga. Jadi, dari babak dua ke tiga dipisahkan terlebih dahulu dengan waktu istirahat. Waktu istirahat tersebut kemudian disebut sebagai jeda babak atau halftime.


Sebetulnya, waktu istirahat halftime pada permainan bola basket dan sepak bola memiliki durasi yang sama, yaitu 15 menit. Durasi ini bisa dibilang sangat pas karena tidak terlalu lama maupun sebentar. Berbeda dengan voli yang waktu istirahatnya hanya sekitar 10 menit.




Meski begitu, ternyata waktu istirahat dalam permainan bola basket bukan hanya berlangsung saat halftime saja. Karena, setiap pergantian kuarter satu ke dua, atau tiga ke empat juga para pemain basket diberi kesempatan untuk melakukan istirahat.


Namun, waktu istirahat tersebut berlangsung cukup singkat jika dibandingkan dengan halftime, yaitu dua menit saja. Waktu istirahat tersebut biasanya digunakan untuk berdiskusi oleh para pemain basket maupun pelatihnya.


Jadi, waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah salah satu bagian dari aturan permainan bola basket. Makanya, durasi dan waktu dari istirahat tersebut sudah menjadi aturan paten yang harus dipatuhi dalam setiap pertandingan bola basket.


***


Brazilian Soccer School adalah sekolah pembinaan basket bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan. Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:

Brazilian Soccer School

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26 Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


bottom of page