top of page
Search
  • Brazilian Soccer Schools Indonesia

Walking dalam Bola Basket: Teknik, Aturan, dan Strategi


Walking dalam Bola Basket

Walking atau berjalan merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola basket. Kemampuan untuk berjalan dengan benar sangat penting dalam mengendalikan bola, melakukan gerakan, dan mengatur strategi di lapangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang walking dalam bola basket, termasuk aturan, jenis pelanggaran yang terkait, teknik untuk menghindarinya, dan strategi untuk meningkatkan kemampuan walking.

Aturan dan Regulasi Walking

Definisi walking dalam bola basket

Walking atau traveling terjadi ketika seorang pemain bola basket melanggar aturan jumlah langkah yang diperbolehkan tanpa menggiring bola. Aturan mengenai walking bisa bervariasi tergantung pada tingkat kompetisi dan liga yang dimainkan. Namun, secara umum, setiap pemain diperbolehkan melakukan dua langkah setelah menghentikan giringan bola atau menerima umpan sebelum harus melepaskan bola.

Aturan jumlah langkah dan giringan bola

Dalam bola basket, seorang pemain diperbolehkan untuk melakukan dua langkah setelah menghentikan giringan bola atau menerima umpan. Langkah-langkah tersebut harus diikuti dengan melepaskan bola atau memulai gerakan tembakan. Jika pemain melanggar aturan ini dengan mengambil langkah tambahan tanpa melepaskan bola, itu dianggap sebagai pelanggaran walking.



Walking dalam Bola Basket

Jenis Pelanggaran Walking

Traveling

Traveling adalah jenis pelanggaran walking yang paling umum terjadi. Pelanggaran ini terjadi ketika seorang pemain melakukan lebih dari dua langkah setelah menghentikan giringan bola atau menerima umpan tanpa melepaskan bola. Traveling biasanya terjadi ketika pemain bergerak terlalu cepat atau tidak memahami dengan baik aturan jumlah langkah yang diperbolehkan.

Aturan tiga langkah

Aturan tiga langkah adalah aturan tambahan yang berlaku setelah menerima umpan atau menghentikan giringan bola. Setelah menerima umpan atau menghentikan giringan bola, seorang pemain diperbolehkan melakukan maksimal dua langkah sebelum harus melepaskan bola atau memulai gerakan tembakan. Melakukan lebih dari tiga langkah sebelum melepaskan bola dianggap sebagai pelanggaran walking.


Menyeret atau meluncurkan kaki pivot

Kaki pivot adalah kaki yang tetap di tempat saat seorang pemain memegang bola. Kaki pivot berfungsi sebagai titik keseimbangan dan memungkinkan pemain untuk bergerak dengan kontrol. Meluncurkan atau menyeret kaki pivot sebelum melepaskan bola atau memulai giringan dianggap sebagai pelanggaran walking.


Teknik dan Latihan untuk Menghindari Pelanggaran Walking

Teknik penempatan kaki yang tepat

Teknik penempatan kaki yang tepat sangat penting dalam menghindari pelanggaran walking. Pemain harus belajar untuk meletakkan kaki dengan stabil dan sejajar dengan tubuh saat menghentikan giringan bola atau menerima umpan. Menghindari langkah-langkah yang tidak perlu atau berlebihan dapat membantu mengurangi risiko pelanggaran walking.

Pivoting yang benar

Teknik pivoting yang benar juga penting dalam menghindari pelanggaran walking. Pivoting adalah gerakan rotasi menggunakan kaki pivot sebagai poros. Pemain harus belajar untuk menggunakan kaki pivot dengan baik saat berada dalam posisi berhenti untuk mempertahankan keseimbangan dan menghindari pelanggaran walking.


Latihan drill pergerakan kaki

Melakukan latihan drill pergerakan kaki secara konsisten dapat membantu pemain memperbaiki teknik walking mereka. Latihan-latihan seperti drill langkah, drill pivoting, dan drill keseimbangan kaki dapat membantu memperkuat otot-otot kaki dan memperbaiki koordinasi gerakan. Dengan latihan yang konsisten, pemain dapat meningkatkan kecepatan, kelincahan, dan kemampuan walking mereka.


Walking dalam Bola Basket

Strategi untuk Meningkatkan Teknik Walking

Mengembangkan keseimbangan tubuh dan koordinasi

Mengembangkan keseimbangan tubuh dan koordinasi merupakan strategi penting untuk meningkatkan teknik walking. Latihan-latihan seperti latihan keseimbangan, yoga, dan olahraga tambahan lainnya dapat membantu memperbaiki stabilitas dan koordinasi tubuh secara keseluruhan. Dengan keseimbangan dan koordinasi yang baik, pemain dapat mengendalikan gerakan tubuh dengan lebih baik saat berjalan dan menghindari pelanggaran walking.


Melakukan latihan yang konsisten

Konsistensi dalam latihan sangat penting untuk meningkatkan teknik walking. Pemain harus meluangkan waktu setiap hari atau secara teratur untuk berlatih teknik walking dan melakukan drill pergerakan kaki. Dengan latihan yang konsisten, pemain dapat memperbaiki kekuatan, kecepatan, dan kelincahan mereka dalam walking.


Kesimpulan

Walking merupakan teknik yang penting dalam permainan bola basket. Pemain harus memahami aturan dan teknik yang terkait dengan walking agar dapat menghindari pelanggaran dan meningkatkan kemampuan mereka di lapangan. Melalui teknik penempatan kaki yang tepat, pivoting yang benar, dan latihan drill pergerakan kaki, pemain dapat mengurangi risiko pelanggaran walking dan meningkatkan keahlian mereka dalam mengendalikan bola.

Selain itu, mengembangkan keseimbangan tubuh dan koordinasi melalui latihan yang konsisten juga sangat penting. Pemain harus berkomitmen untuk melatih teknik walking mereka secara teratur agar dapat menguatkan otot-otot kaki, meningkatkan kelincahan, dan mengembangkan kecepatan mereka.

Dalam bola basket, menjaga kontrol dan mematuhi aturan walking adalah kunci untuk menjadi pemain yang handal. Dengan memahami konsep walking, mengikuti aturan, dan melatih teknik yang benar, pemain dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam bergerak dengan efektif di lapangan.


FAQ

1. Apakah saya bisa berjalan dengan bola dalam bola basket?

Tidak, Anda harus menggiring bola saat bergerak. Berjalan sambil memegang bola akan dianggap sebagai pelanggaran walking.

2. Apa yang terjadi jika saya melanggar aturan walking?

Jika Anda melanggar aturan walking, tim lawan akan mendapatkan bola melalui pergantian giliran atau lemparan bebas.

3. Apa yang harus dilakukan untuk menghindari pelanggaran walking?

Anda harus berlatih teknik penempatan kaki yang tepat, memahami aturan jumlah langkah yang diperbolehkan, dan melatih teknik pivoting yang benar.

4. Apakah pelanggaran walking selalu dikenakan sanksi?

Ya, pelanggaran walking akan selalu dikenakan sanksi sesuai dengan aturan permainan yang berlaku.

5. Bagaimana cara meningkatkan teknik walking saya?

Anda dapat melakukan latihan drill pergerakan kaki secara teratur, mengembangkan keseimbangan tubuh dan koordinasi melalui latihan tambahan, dan berlatih dengan konsisten.


*** Brazilian Soccer School Basketball adalah sekolah pembinaan basket bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan. Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini: Brazilian Soccer School Plaza Asia / ABDA, Lantai 26 Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan Phone: 021-514-01679 Mobile: 08787-555-4115 E-mail: info@bssindonesia.co.id


Comments


bottom of page