• Brazilian Soccer Schools Indonesia

9 Teknik Passing Bola Basket, Manakah yang Sering Kamu Gunakan?




Teknik Passing atau Mengoper Bola

Passing merupakan salah satu teknik dasar yang penting digunakan dalam permainan bola basket. Pengertian sederhana dari passing adalah mengoper dan mengumpan bola dengan teman satu tim.


Teknik ini biasa dilakukan dengan menggunakan satu atau dua tangan. Kondisi yang mengharuskan kamu melakukan passing adalah ketika lawan sudah menutupi jalan untuk melakukan drible terlalu lama. Sehingga kamu membutuhkan teman satu tim agar bersedia bergantian memegang bola.


9 Teknik Passing dalam Permainan Bola Basket

Berikut adalah 9 teknik passing dalam permainan bola basket yang akan sering kamu temui ketika latihan bersama dengan BSS Basketball.


  1. Chest Pass Teknik chest pass adalah teknik yang dilakukan pada saat mengoper bola tepat di depan dada. Posisi tubuh untuk melakukan teknik ini seperti bounce pass yaitu bola dipegang setinggi dada. Pertama, bentangkan kaki selebar bahu dan badan condong ke depan. Kemudian bola dapat dilempar tepat di depan dada mengarah ke dada teman satu tim kamu. Sesuaikan kekuatan lemparan dengan jarak.

  2. Overhead Pass Teknik yang kedua adalah overhead pass, dimana bola dioper melalui atas kepala. Teknik ini bisa digunakan ketika lawan berada di depan kamu. Untuk mempermudah teknik ini, pastikan postur tubuh yang akan menerima bola tersebut lebih tinggi. Cara melakukan teknik ini adalah buka kaki selebar bahu. Angkat bola di atas kepala kemudian lempar dan pastikan bola melewati kepala lawan. Jika kamu menginginkan lemparan bola yang kuat, posisikan kedua lutut sama lurus ketika melempar.

  3. Underhand Pass Underhand pass adalah teknik yang digunakan saat melempar bola dari arah bawah dengan tangan di posisi belakang mendorong bola ke depan untuk meluncur ke arah tim. Kamu bisa mengelabui lawan dengan melakukan fake shot, yang dimana lawan akan memblok dan kesulitan menjangkau ke arah bawah.

  4. One-Hand Push/Shoulder Pass One-Hand Push adalah teknik mengoper bola hanya dengan satu tangan. Biasanya dilakukan saat kamu berada di posisi triple threat. Siku menjadi titik berat teknik ini. Cara melakukannya adalah pegang bola dengan tangan kanan atau kiri, kemudian oper sisi kanan atau kiri. Sebelum mengoper, kamu bisa mengelabui lawan. Jika lawan sudah berhasil dikelabui, lempar bola sejajar pada telinga samping lawan menuju teman setim.

  5. Hand off Pass Selanjutnya adalah hand off pass, teknik mengoper bola tanpa melempar. Teknik ini dapat digunakan ketika kamu dihalangi oleh lawan sehingga tidak dapat melakukan dribbling. Caranya adalah posisikan badan membelakangi lawan yang menghalangi kamu. Pastikan teman satu tim berada dekat dengan kamu, kemudian lakukan pick and roll. Lihat arah datang teman satu tim kamu. Ketika datang dari arah kiri, maju kaki kiri satu langkah untuk menutup atau menghalangi lawan. Pastikan posisi bola dalam underhand agar mempermudah teman satu tim mengambil bola.

  6. Hook Pass Teknik satu ini dilakukan saat kamu hendak mengoper bola dengan satu lengan dan diawali dengan lompatan.


Baca Juga: Monty Williams mendapatkan Penghargaan 'Coach of The Year'

Pastikan kamu dan teman satu tim sama-sama akan melakukan transisi atau drive. Lalu, letakkan bola di sekitar telinga dan pundak. Angkat bola tersebut, kemudian oper bola ke teman satu tim secara akurat.


  1. Bounce Pass Sesuai dengan namanya, teknik bounce pass dilakukan dengan cara memantulkan bola pada jarak 2/3 antara kamu dengan teman satu tim. Cocok diterapkan pada kondisi lawan menjaga secara ketat. Pertama, bola dipegang setinggi dada dengan dua tangan. Lemparkan bola mengarah ke arah bawah dengan dua tangan. Arahkan bola pada jarak 1/3 dari jarak teman satu tim yang akan menangkap bola.

  2. Behind the Back Pass Behind the back pass adalah teknik passing bola basket yang bertujuan untuk mengelabui lawan. Teknik ini butuh jam terbang karena tidak semua pemain bisa melakukannya dengan benar. Pertama, pegang bola basket menggunakan satu tangan dengan posisi tepat di belakang punggung. Lalu, oper bola dengan cepat kepada rekan setim. Sebelum melempar, pastikan posisi rekan setim Anda karena dia pun harus siap menerima bola agar teknik ini berhasil.

  3. Baseball Pass Teknik satu ini dilakukan ketika kamu ingin mengoper bola namun jarak dengan teman satu tim cukup jauh. Caranya adalah dengan memposisikan satu kaki maju ke depan. Pegang bola dengan menggunakan salah satu tangan. Tangan lainnya dapat kamu gunakan untuk menyeimbangkan tubuh. Lakukan ancang-ancang dengan memusatkan badan ke belakang. Selanjutnya kamu dapat melempar bola ke arah tim kamu. Pastikan bola dilepaskan ketika tangan lurus ke depan. Nah, dari kesembilan teknik passing dalam permainan bola basket di atas, teknik passing manakah yang sering kamu gunakan?


***

Brazilian Soccer School adalah sekolah pembinaan basket bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer School

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id

0 comments