• Brazilian Soccer Schools Indonesia

Monty Williams mendapatkan Penghargaan 'Coach of The Year'



Monty Williams dengan nama lengkap Tavares Montgomery "Monty" Williams telah resmi dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA tahun 2021-2022 tepatnya pada Mei 2021.


Gelar 'Coach of The Year' ini adalah penghargaan pertama Monty saat menjabat sebagai Kepala Pelatih Phoenix Suns. Penghargaan yang didapatkan Monty menjadi pelatih ketiga yang berhasil memenangkan penghargaan ini setelah Cotton Fitzsimmons dan Mike D'Antoni.


Poin yang berhasil didapatkan adalah 81 dari 100 suara dengan total pengumpulan sebanyak 458 poin. Angka poin ini dapat mengungguli jauh dari Taylor Jenkins (Grizzlies) yang berada di peringkat kedua dengan poin 270 poin dari 17 suara.


Baca Juga: Kini Mendunia, Begini Sejarah Awal Sejarah Awal Permainan Bola Basket


Kemenangan ini membuat Monty berhasil mengusung Suns berada di puncak klasemen akhir musim NBA dengan rekor 64-18. Rekor terhitung menjadi kemenangan paling banyak yang dimiliki Suns selama satu musim. Musim ini juga menjadi kesempatan emas bagi Monty dapat memimpin tim All Star.


Masih di bawah Monty, Suns mendapatkan kemenangan terbanyak kedua tanpa kekalahan sekalipun dengan rekor waralaba berturut-turut sebanyak 18 pertandingan dan menang 16-0 pada November.


Dikutip dari ESPN dalam ligaolahraga.com, Monty mengatakan, "Jika ada satu penghargaan yang mencontohkan tim, itu adalah penghargaan Coach of the Year karena tidak ada pelatih di NBA yang memiliki niat buruk untuk program atau untuk para pemain".


Menurut Monty, terdapat banyak pihak yang ikut andil dalam kesuksesannya meraih penghargaan 'Coach of The Year 2021-22'. Meskipun nama yang tertera dalam penghargaan adalah Monty Williams, namun ia menganggap bahwa namanya merupakan perwakilan dari banyak orang.


Melihat perjuangan Monty membuktikan bahwa peran coach yang penting bagi perkembangan pemain-pemain bintang kelas dunia mencetak prestasi baru di beberapa liga permainan.


Nyatanya coach tidak hanya melatih pemain secara fisik, namun juga secara psikologis dan mental. Setiap pertandingan pastinya ada kalah dan menang. Membentuk mental seorang pemain kelas dunia pastinya tidak mudah.


A. Siapakah Monty Williams ?


Monty Williams adalah pelatih basket profesional Amerika. Ia pernah bermain dalam 5 tim NBA selama karirnya dari 1994 sampai 2003. Selama berkarir di NBA, Monty pernah menjabat sebagai asisten pelatih, kepala pelatih asosiasi, dan kepala pelatih.


Pada 2010 hingga 2015, Monty menjabat sebagai kepala pelatih New Orleans Hornets atau biasa dikenal dengan Pelicans. Selanjutnya pada Mei 2019, Monty bergabung ke Phoenix Suns menjabat sebagai Kepala Pelatih. Hingga pada 2021, Ia berhasil membawa Suns tampil pada Final NBA. Ini adalah Final NBA pertama bagi Suns sejak 1993.


Berbagai perjalanan karir yang telah dilewati Monty membuat dirinya mendapatkan penghargaan sebagai 'Coach of The Year 2021-22', setelah mencetak rekor kemenangan sebanyak 64 kali.



B. Lalu, Bagaimana Coach Monty Memotivasi Pemain-pemain Kelas Dunia?


"Well, head space, mental stamina, all that stuff, like it boils down to getting it done,"


Kalimat di atas merupakan pesan yang pernah diucap oleh Monty William saat timnya mengalami kekalahan pada Final NBA 2021.


Monty selalu mengedepankan mengenai tekad dan ketangguhan mental. Terlebih posisi ini merupakan pengalaman pertama bagi timnya.


Meski baru saja ketinggalan poin pada Game 5, Monty yakin bahwa timnya dapat segera menyusul pada Game 6 dengan fokus yang tinggi tanpa harus memikirkan kekalahan berlarut-larut.


Hal itu dianggap menjadi langkah tepat sebuah tim ketika menghadapi kekalahan dan optimis dapat menyusul kemenangan pada permainan selanjutnya.


Apa yang sudah diterapkan oleh coach Monty juga sudah diterapkan oleh coach BSS Indonesia. Bahwa selain kesiapan fisik untuk menghadapi sebuah pertandingan, kesiapan mental tidak kalah penting untuk menghadapi kemungkinan menang maupun kalah.


***


Brazilian Soccer School adalah sekolah pembinaan basket bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer School


Plaza Asia / ABDA, Lantai 26


Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan


Phone: 021-514-01679


Mobile: 08787-555-4115


E-mail: info@bssindonesia.co.id

0 comments