Main Basket saat Puasa, Memangnya Tidak Lemas?

Updated: Apr 16



Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa olahraga memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat olahraga yang paling umum adalah menjaga kebugaran jasmani. Untuk merasakan manfaatnya, olahraga harus dilakukan secara rutin meskipun kamu sedang berpuasa.


Sama halnya dengan kamu sebagai penggemar basket yang sudah terbiasa dan rutin berolahraga.


Tetap beraktivitas seperti biasa meskipun berpuasa

Bagi sebagian penggemar olahraga basket seringkali bertanya-tanya “apakah tetap bisa bermain basket saat puasa?”. Tentu saja, jawabannya adalah bisa.


Perlu kamu ketahui, pola makan saat puasa mengalami perubahan. Dapat kamu lihat pada perubahan waktu makan, pembatasan waktu makan, hingga pola tidur. Perubahan tersebut dapat mempengaruhi ritme tubuh seseorang secara drastis.


Tujuan utama berolahraga adalah untuk memperkuat tubuh dari gangguan seperti penyakit. Selain itu, olahraga dipercaya dapat dijadikan sebagai aktivitas untuk mengontrol jasmani dan rohani agar lebih terkontrol.


Jika kamu tetap ingin bermain basket saat puasa, kamu dapat memilih waktu yang pas agar tubuh tidak terasa lemas hingga mengalami dehidrasi. Saran dari BSS, pilihlah lapangan basket indoor. Hal ini dapat mengurangi aktivitas yang berhubungan langsung dengan panas terik dari matahari.


Tenang saja, tidak ada olahraga yang sia-sia. Maka dari itu, simak penjelasan manfaat yang dapat kamu rasakan dari berolahraga saat puasa.


5 Manfaat Olahraga untuk Tubuh saat Berpuasa

  1. Menjaga daya tahan tubuh Jika kamu berpikir olahraga saat puasa tubuh akan lemas, itu salah besar. Justru olahraga akan meningkatkan daya tahan tubuh yang mengalami penyusutan selama puasa. Selain itu, tubuh yang harus berhenti berolahraga saat puasa akan terasa kaku dan mudah lelah untuk memulai olahraga kembali nantinya. Penurunan fisik inilah yang harus kamu hindari dengan tetap berolahraga saat puasa.

  2. Meningkatkan produktivitas Meski kamu sedang menahan lapar dan haus, bukan berarti kamu tidak melakukan aktivitas sama sekali. Memang tidak dipungkiri rasa malas seringkali melanda saat kita berpuasa. Salah satu cara keluar dari rasa malas adalah berolahraga. Manfaat olahraga dalam hal ini adalah kestabilan emosi yang baik dan mempersiapkan energi untuk menjalani aktivitas.. Dengan begitu, kinerja dan produktivitas pun akan meningkat.

  3. Mengurangi stres Tanpa sadar, seringkali kamu merasakan stres lantaran terus merasakan lapar dan haus. Apalagi ditambah dengan pikiran yang lainnya. Nah, olahraga dapat mengatasi rasa stres tersebut. Dengan berolahraga, kamu akan memiliki kesibukan yang membuat lupa dengan rasa lapar dan haus. Jika kamu melakukan olahraga di pilihan waktu terbaik, maka puasa tidak akan terasa lama.

  4. Membentuk otot tubuh Saat tubuh dalam kondisi berpuasa, hormon insulin akan diproduksi dengan cara yang berbeda. Biasanya, makan sebelum berolahraga hanya akan meningkatkan insulin dan lemak. Sehingga saat berolahraga tubuh hanya akan membakar lemak. Sedangkan saat berpuasa, tubuh tidak dimasuki asupan makanan. Hormon insulin pada tubuh dapat dikelola dengan baik dan teratur. Hal inilah yang menjadi alasan berolahraga saat puasa akan lebih cepat menambah massa otot.

  5. Meningkatkan kemampuan atletis Olahraga dalam kondisi puasa mengajarkan tubuh kamu untuk menggunakan energi melalui lemak yang terdapat dalam tubuh. Melalui proses ini, metabolisme tubuh secara otomatis akan lebih fleksibel sehingga kemampuan atletismu meningkat. Peningkatan ini dapat kamu rasakan saat tubuh terasa lebih berenergi dan ringan untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari.


Baca Juga: Kini Mendunia, Begini Sejarah Awal Sejarah Awal Permainan Bola Basket


Itulah manfaat olahraga yang dapat kamu rasakan ketika kamu tetap ingin berolahraga basket saat puasa. Namun, kamu perlu mengerti kondisi tubuh. Hindari olahraga dalam intensitas yang berat agar tubuh tidak mudah lelah.


 

BSS Basketball

BSS Basketball merupakan salah satu unit bisnis pada Brazilian Soccer Schools yang berfokus pada anak-anak usia 5 - 18 tahun sejak Mei 2019. Beberapa venue yang dimiliki BSS Basketball berada di wilayah DKI Jakarta. Pelatihan yang dilakukan BSS Basketball dimulai dari pelatihan kemampuan individual, seperti ball handling skill, shooting skill, layup skill, passing skill, rebounding skill, dan defensive skill.


Ketahui lebih lanjut mengenai BSS Basketball dengan menghubungi kontak di bawah ini:


BSS Indonesia Group

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 0811-1984-115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


0 comments