Kini Mendunia, Begini Sejarah Awal Sejarah Awal Permainan Bola Basket


Asal permainan bola basket

Basket merupakan salah satu jenis permainan bola besar dalam olahraga. Asal permainan bola basket adalah permainan yang dilakukan oleh dua tim dalam satu lapangan berbentuk persegi panjang yang saling berhadapan dengan jumlah masing-masing tim sebanyak lima orang.


Permainan bola basket bertujuan untuk mendapatkan poin dengan memasukkan bola ke dalam ring lawan dengan aturan dan teknik yang berlaku. Masing-masing tim akan membentuk sebuah strategi agar dapat memenangkan permainan.


Berdasarkan buku Encyclopedia Britannica (2015), permainan bola basket dikenal pertama kali pada 1 Desember 1891 di Amerika Serikat oleh guru olahraga yang bernama James A. Naismith. Naismith menginginkan sebuah permainan bola yang dapat dimainkan di ruangan tertutup sehingga tetap bisa dimainkan pada musim dingin. Akhirnya, permainan bola basket hadir di dunia.


Asal permainan bola basket adalah

Asal permainan bola basket adalah pelajar pada sebuah kelas sekolah yang berjumlah 18 orang dengan pembagian masing-masing tim berjumlah 9 pemain. Namun, seiring berjalannya waktu tim berjumlah 9 orang dinilai kurang efisien sehingga saat ini masing-masing tim hanya berisi 5 pemain.


Tidak hanya jumlah pemain, material yang digunakan pada ring bola basket pun mengikuti perubahan zaman. Awalnya ring basket terbuat dari keranjang buah persik dengan berat 1,5 kilogram. Bola yang berhasil masuk ke dalam ring dapat diambil dengan menggunakan tangga.


Pada 1906, bahan ring basket diganti dengan lingkaran logam yang membentuk seperti ring. Hal ini tentunya akan memudahkan pemain bola basket tanpa harus membutuhkan tangga.


Perkembangan permainan bola basket di dunia semakin pesat, sehingga pada 18 Juni 1932 terbentuk induk olahraga bola basket dunia, Federation Internationale de Basketball atau FIBA. Diikuti dengan terbentuknya National Basketball Association atau NBA pada 6 Juni 1946 yang membuat olahraga basket semakin mendunia.


Permainan bola basket juga menyebar hingga ke tanah air dan menjadi olahraga yang sangat digemari oleh penduduk Indonesia. Mau tahu bagaimana bola basket masuk ke Indonesia? Simak penjelasan berikut.


Baca Juga: SSB: Potensi Awal Anak Muda Jadi Pesepak Bola


Perkembangan Bola Basket di Indonesia

Berawal dari Amerika Serikat, permainan bola basket mulai menyebar ke negara-negara di Asia Timur salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri asal permainan bola basket adalah bangsa belanda dan penduduk yang merupakan pendatang dari China setelah mengembangkan permainan bola basket selama dua dasawarsa di negara asalnya.


Para pendatang membentuk sebuah kelompok untuk membangun sekolah. Terdapat salah satu olahraga wajib yaitu bola basket yang biasa dimainkan oleh para siswa di sekolah. Hal ini menjadi salah satu faktor penting permainan bola basket berkembang pesat.


Era 1930-an, berbagai daerah di Indonesia mulai mengenal permainan bola basket. Pada awalnya asal permainan bola basket adalah kota-kota besar di Indonesia yang mulai membentuk sebuah perkumpulan basket seperti, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.


Salah satu contohnya adalah kota Semarang yang membentuk perkumpulan yang bernama Chinese English School, Tionghoa Hwee, Fe Leon Ti Yu Hui, dan Pheng Yu Hui (Sahabat). Sahabat adalah perkumpulan yang dibentuk oleh salah satu legenda basket Indonesia, yaitu Sony Hendrawan atau Liem Tjen Sion.


Selanjutnya pada 17 Agustus 1945 tepat setelah Proklamasi Kemerdekaan berlangsung, kota dengan basis perjuangan seperti Solo dan Yogyakarta mulai memperkenalkan olahraga basket secara luas. Olahraga basket mengikuti ajang pertandingan nasional pertama kali di Pekan Olahraga Nasional (PON) I pada tahun 1948 di kota Solo.



Permainan bola basket mulai ramah dan menyebar, sehingga Indonesia membentuk induk organisasi olahraga bola basket secara resmi pada 23 Oktober 1951 bernama Persatuan Basket Seluruh Indonesia. Namun, berdasarkan kaidah bahasa Indonesia namanya diganti menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia, disingkat Perbasi.


Jika Anda menyukai olahraga bola basket, asal permainan bola basket adalah pengetahuan yang perlu diketahui agar Anda tidak hanya bermain, namun juga belajar dan menambah wawasan.



***


Brazilian Soccer School adalah sekolah pembinaan bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan.


Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer School

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26

Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


0 comments