top of page
Search
  • Brazilian Soccer Schools Indonesia

Tujuan Teknik Shooting Adalah Kunci dari Kemenangan Permainan Bola Basket


Dalam permainan bola basket, terdapat lima teknik dasar yang sudah seharusnya dikuasai oleh seluruh pemain. Lima teknik tersebut yaitu dribbling, passing, shooting, pivot, dan rebound. Adapun tujuan teknik shooting adalah untuk mencetak poin dalam permainan bola basket.


Sebenarnya, tujuan umum dari lima teknik dasar bola basket tersebut yaitu untuk mencetak poin dan memenangkan pertandingan. Tapi, memang cara serta tujuan awalnya berbeda-beda sehingga namanya juga tidak sama.


Tujuan Teknik Shooting Adalah untuk Mencetak Poin

Seperti yang sebelumnya Anda ketahui, tujuan utama teknik shooting yang dilakukan oleh pemain basket yaitu untuk mencetak poin. Teknisnya, teknik satu ini yaitu sebuah gerakan shooting atau menembakkan (melepaskan) bola basket ke dalam ring.


Jika teknik tersebut berhasil dan bola masuk ke dalam ring, maka tim akan memperoleh poin tergantung dari daerah pemain melakukan shooting. Jadi, teknik shooting dilakukan untuk menghasilkan poin sebanyak-banyaknya.


Tentu, teknik shooting bukanlah hal yang mudah. Teknik ini mengharuskan pemain melakukan sebuah gerakan yang dikombinasikan dengan posisi tangan, keseimbangan, pandangan, pengaturan sikut, serta irama tembakan.


Karena itu, teknik ini tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus terlatih terlebih dahulu agar tembakannya akurat.


Bagaimana Melakukan Teknik Shooting dalam Bola Basket?

Agar dapat mencetak poin dalam permainan basket, Anda bisa belajar untuk menguasai teknik shooting terlebih dahulu. Tidak semudah yang Anda bayangkan, teknik shooting tidak bisa dilakukan dengan hanya melempar bola ke arah ring ala kadarnya.


Pasalnya, teknik ini juga harus dikombinasikan dengan gerakan-gerakan lain agar tembakan semakin akurat dan tidak dihadang oleh lawan. Misalnya, Anda bisa mengombinasikan teknik shooting ini dengan drabble atau biasa dikenal sebagai lay-up.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan teknik ini dengan bebas menggunakan satu tangan atau dua tangan sekaligus. Pilih mana yang menurut Anda lebih mudah dan efektif untuk memasukkan bola ke dalam ring agar menghasilkan poin.


  1. Teknik Lay-up Seperti yang telah disinggung sebelumnya, teknik lay-up merupakan kombinasi antara teknik shooting dan teknik drabble. Artinya sebelum pemain melakukan shooting, ia akan terlebih dahulu menggiring bola mendekati ring. Tekniknya yaitu pemain lakukan dengan melangkah bahkan berlari menuju salah satu sisi ring untuk kemudian melakukan shooting pada sisi tersebut. Biasanya, pemain akan berlari ke arah ring yang kosong atau tidak ada lawan.

  2. Shooting dengan Satu Tangan Teknik shooting selanjutnya yaitu dengan menggunakan satu tangan. Dengan teknik ini, seorang pemain akan menembak bola ke arah ring dengan menggunakan satu tangan saja. Tangan yang memegang bola tersebut harus dilontarkan ke bagian atas. Sebelumnya, pemain harus memandang target yaitu ring basket dengan fokus agar tembakan tidak meleset. Selain itu, badan pemain juga harus dalam keadaan rileks dengan kaki, baru, serta punggung yang direntangkan. Jangan lupa, selain melontarkan tangan yang memegang bola ke bagian atas, jari-jari juga harus turut dilenturkan ke bagian depan.

  3. Shooting dengan Dua Tangan Sebetulnya, teknik menembakkan bola menggunakan kedua tangan tidak jauh berbeda dengan teknik satu tangan. Adapun yang berbeda dari kedua teknik ini yaitu penggunaan tangannya saja, satu dan dua-duanya. Jadi saat melakukan teknik ini, Anda bisa memosisikan tubuh serta pandangan persis seperti teknik shooting satu tangan. Gerakan tangannya juga sama yaitu kedua tangan dilontarkan ke bagian atas serta jari-jari yang dilenturkan ke arah depan.



Jika Anda dapat melakukan tiga teknik shooting tersebut dengan benar, maka Anda dapat memperoleh banyak angka. Hal tersebut sejalan dengan tujuan teknik shooting adalah untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.


***

Brazilian Soccer School adalah sekolah pembinaan basket bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan. Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer School

Plaza Asia / ABDA, Lantai 26 Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan

Phone: 021-514-01679

Mobile: 08787-555-4115

E-mail: info@bssindonesia.co.id


bottom of page