top of page
Search
  • Brazilian Soccer Schools Indonesia

Aturan Penguasaan Bola Basket: Teknik Dasar dan Strategi Bermain

Updated: Mar 25, 2023



Bola basket adalah olahraga tim yang sangat populer di seluruh dunia. Dalam permainan bola basket, ada beberapa aturan penguasaan bola basket yang harus ditaati oleh setiap pemain. Aturan penguasaan bola basket mencakup berbagai teknik dasar dan strategi bermain yang harus dikuasai oleh setiap pemain.


Dalam artikel ini, kita akan membahas aturan penguasaan bola basket yang mencakup teknik dasar seperti dribbling, passing, shooting, dan rebounding. Kita juga akan membahas strategi bermain seperti offense dan defense. Mari kita mulai.


Dribbling dalam Aturan Penguasaan Bola Basket

Dribbling adalah salah satu teknik dasar yang paling penting dalam permainan bola basket. Dribbling memungkinkan pemain untuk menggerakkan bola di lapangan, melewati pemain lawan, dan mencari ruang untuk melakukan tembakan atau passing. Beberapa teknik dasar dribbling meliputi:

Postur dan Gerakan Badan yang Benar

Pemain harus menjaga postur tubuh yang benar saat dribbling. Postur yang benar termasuk posisi badan yang rileks, pinggul sedikit menonjol ke depan, dan lutut sedikit ditekuk. Pemain juga harus mempertahankan gerakan badan yang halus dan tidak terburu-buru.

Kontrol Bola yang Baik

Kontrol bola yang baik sangat penting dalam dribbling. Pemain harus memegang bola dengan erat dan menggunakan jari-jari untuk mengontrolnya. Selain itu, pemain harus mempertahankan bola di depan mereka dan tidak membiarkan bola keluar dari kendali mereka.


Passing dalam Aturan Penguasaan Bola Basket

Passing adalah teknik dasar yang memungkinkan pemain untuk memberikan bola kepada rekan setimnya. Pass yang baik dapat membuka ruang, mempercepat serangan, dan membuat tim menjadi lebih efektif. Beberapa teknik dasar passing meliputi:


Posisi Tubuh yang Benar

Pemain harus mempertahankan posisi tubuh yang benar saat melakukan passing. Posisi yang benar termasuk postur tubuh yang rileks, lutut ditekuk, dan kaki yang sedikit terbuka. Pemain juga harus mempertahankan jarak yang tepat antara diri mereka dan rekan setim yang akan menerima bola.


Kekuatan dan Akurasi Passing

Kekuatan dan akurasi passing sangat penting dalam permainan bola basket. Pemain harus mempertahankan kekuatan yang cukup untuk melewati pemain lawan, tetapi tidak terlalu keras sehingga rekan setim dapat menerima bola dengan mudah.




Shooting dalam Aturan Penguasaan Bola Basket

Shooting adalah teknik dasar yang paling penting dalam permainan bola basket. Shooting dapat dilakukan dari jarak dekat atau jarak jauh, dan dapat dilakukan dalam berbagai situasi selama permainan. Beberapa teknik dasar shooting meliputi:


Postur dan Gerakan Badan yang Benar

Pemain harus mempertahankan postur dan gerakan badan yang benar saat melakukan shooting. Postur yang benar termasuk posisi badan yang rileks, pinggul sedikit menonjol ke depan, dan lutut sedikit ditekuk. Gerakan badan yang halus dan tidak terburu-buru juga penting untuk mencapai akurasi yang baik.


Teknik Dasar Shooting

Teknik dasar shooting mencakup posisi tangan yang benar, teknik pergelangan tangan, dan teknik dorongan bola. Pemain harus mempertahankan posisi tangan yang benar saat mengambil tembakan, dan menggunakan pergelangan tangan untuk memberikan akurasi yang baik. Teknik dorongan bola yang baik juga penting untuk memastikan bola melewati ring.


Rebounding dalam Aturan Penguasaan Bola Basket

Rebounding adalah teknik dasar yang penting dalam permainan bola basket. Rebounding memungkinkan pemain untuk mengambil bola dari papan atau pemain lawan setelah tembakan gagal. Beberapa teknik dasar rebounding meliputi:


Posisi Tubuh yang Benar

Pemain harus mempertahankan posisi tubuh yang benar saat melakukan rebounding. Posisi yang benar termasuk postur tubuh yang rileks, lutut ditekuk, dan kaki yang sedikit terbuka. Pemain juga harus mempertahankan jarak yang tepat antara diri mereka dan bola saat melakukan rebounding.


Kecepatan dan Timing

Kecepatan dan timing sangat penting saat melakukan rebounding. Pemain harus cepat merespon bola dan mencapai posisi yang tepat untuk mengambilnya. Selain itu, pemain juga harus dapat membaca arah tembakan dan memprediksi di mana bola akan jatuh.




Offense dalam Aturan Penguasaan Bola Basket

Offense adalah strategi bermain yang digunakan oleh tim untuk mencetak poin. Offense memungkinkan tim untuk menguasai bola dan menciptakan peluang tembakan yang baik. Beberapa strategi bermain offense meliputi:


Set Plays

Set plays adalah strategi offense yang melibatkan serangkaian gerakan yang diatur sebelumnya. Set plays dapat dilakukan untuk menciptakan peluang tembakan yang baik atau untuk membebaskan pemain dari pertahanan lawan.


Fast Breaks

Fast breaks adalah strategi offense yang melibatkan pemain yang cepat dan bergerak cepat. Fast breaks dapat dilakukan setelah rebound atau steal, dan memungkinkan tim untuk mencetak poin dengan cepat.


Defense dalam Aturan Penguasaan Bola Basket

Defense adalah strategi bermain yang digunakan oleh tim untuk mencegah lawan mencetak poin. Defense melibatkan serangkaian gerakan dan strategi untuk menghalangi tembakan lawan dan merebut bola. Beberapa strategi bermain defense meliputi:


Man-to-Man Defense

Man-to-man defense adalah strategi yang melibatkan satu pemain bertugas mengawasi satu pemain lawan. Strategi ini memungkinkan tim untuk menghalangi tembakan dan merebut bola secara efektif.


Zone Defense

Zone defense adalah strategi yang melibatkan pemain bertugas mengawasi wilayah tertentu di lapangan. Strategi ini memungkinkan tim untuk menghalangi tembakan dan merebut bola dari area tertentu di lapangan.


Passing dalam Aturan Penguasaan Bola Basket

Passing adalah strategi bermain yang digunakan oleh tim untuk mengalirkan bola dan menciptakan peluang tembakan yang baik. Passing memungkinkan tim untuk menguasai bola dan menghindari kesalahan. Beberapa teknik dasar passing meliputi:


Chest Pass

Chest pass adalah teknik dasar passing yang melibatkan pemain melempar bola dengan tangan dari dada. Teknik ini memungkinkan pemain untuk melempar bola dengan kecepatan dan akurasi yang baik.


Overhead Pass

Overhead pass adalah teknik dasar passing yang melibatkan pemain melempar bola di atas kepala. Teknik ini digunakan untuk melempar bola jarak jauh dan untuk menghindari pertahanan lawan.


FAQ

Q: Apa yang dimaksud dengan dribbling dalam aturan penguasaan bola basket?

A: Dribbling adalah teknik dasar yang melibatkan pemain memantulkan bola di lantai menggunakan tangan mereka saat bergerak di lapangan.

Q: Berapa banyak pemain dalam tim bola basket?

A: Setiap tim bola basket terdiri dari lima pemain.

Q: Apakah bola basket hanya dimainkan oleh pria?

A: Tidak, bola basket dapat dimainkan oleh pria dan wanita dalam kompetisi yang terpisah.


Kesimpulan

Aturan penguasaan bola basket merupakan kumpulan aturan dan teknik dasar yang penting untuk dipelajari oleh pemain bola basket. Dari teknik dasar dribbling, shooting, rebounding, hingga strategi bermain offense, defense, dan passing, semua hal ini penting untuk dipelajari dan dikuasai agar dapat bermain bola basket dengan baik. Dengan memahami aturan penguasaan bola basket, pemain dapat meningkatkan kemampuan mereka dan menikmati permainan yang lebih baik.


***

Brazilian Soccer School adalah sekolah pembinaan basket bergaya Brazil yang bertujuan untuk membangun pondasi anak-anak untuk belajar sepak bola. Sistem pembinaan pada Brazilian Soccer School tergolong unik dan menarik seperti pemain Brasil, permainan Futebol de Salao dan dilengkapi dengan musik Samba memberikan sensasi latihan yang menyenangkan. Ketahui lebih lanjut mengenai Brazilian Soccer School dengan menghubungi kontak di bawah ini:


Brazilian Soccer School


Plaza Asia / ABDA, Lantai 26 Jl. Jend. Sudirman Kav. 62 Jakarta Selatan


Phone: 021-514-01679


Mobile: 08787-555-4115


E-mail: info@bssindonesia.co.id

Comments


bottom of page